Home Profil UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Sultan Alauddin

Profil UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Sultan Alauddin

by UKM KOPMA Sultan Alauddin

UIN ALAUDDIN MAKASSAR

A.   Sejarah Singkat

Gagasan mendirikan Kopma Sultan Alauddin muncul pada tahun 1984. pada saat itu Bapak Drs. Ashabul Kahfi Jamal (pegawai UIN Alauddin Makassar) bersama rekannya memberikan ide perlunya pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan bersama diantara mahasiswa terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar, maka dibentuklah tim pendiri Kopma Sultan Alauddin. Tim ini terdiri dari Drs.Muh.Danial Alwi, Hairun Patty Bachaler, Muh.Anshar Ilyas dan Lina Sandol.

Dengan berbekal semangat dan idealisme yang tinggi pada tim penggalang tersebut, maka diselenggarakan Rapat Pembentukan pada tanggal 25 Oktober 1984. Rapat ini dihadiri oleh beberapa orang mahasiswa yang sekaligus menjadi anggota pertama serta disaksikan oleh pejabat kampus dan pada saat itu berhasil ditetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanggga serta Pengurus dan Pengawas periode pertama.

Keuletan dari para pengurus periode pertama tidak diragukan lagi, walaupun berbagai halangan dan rintangan setiap hari mereka rasakan. Walaupun demikian, dengan semangat kemandirian yang tinggi tidak melemahkan tekad pengembangan Kopma. Hingga akhir kepengurusan periode pertama Ketua Umum: Muh.Anshar Ilyas, Sekretaris: Hairun Patty, Bidang Anggota: Muh. Daniel Alwi, Bidang Keuangan: Lina Sandol, Bidang Usaha: Alwan Subhan. Suatu prinsip yang mereka pegang bahwa perjalanan organisasi ditentukan oleh generasi penerusnya. Maka sejak itulah dimulai regenerasi dan serta proses pengkaderan generasi yang berkesinambungan. Kopma Sultan Alauddin kemudian resmi menjadi badan hukum sejak tanggal 18 April 1988 dengan nomor: 4795/BH/IV/1988.

B.   Visi

Menjadi basis gerakan Koperasi Mahasiswa yang unggul dan dikelola oleh sumber daya manusia berkualitas, mencerminkan keadilan, kesejahteraan, kejujuran, kesetiakawanan dan kemandirian sehingga mampu memperjuangkan dan mewujudkan demokrasi ekonomi.

C.   Misi

1. Sebagai gerakan Koperasi Mahasiswa berskala nasional yang terdepan dalam prestasi dengan memenuhi kepentingan organisasi, anggota dan konsumen.

  1. Sebagai gerakan koperasi yang sanggup dijadikan mitra organisasi dan usaha yang handal dan terpercaya bagi anggota, masyarakat dan mitra usaha guna menunjang pembangunan nasional.
  2. Sebagai tempat bagi setiap insan untuk berprestasi, berkreasi, dan mengembangkan jiwa kewirakoperasian bagi setiap anggota dan SDM yang profesional.
  3. Sebagai tempat bagi setiap insan untuk membangun kesejahteraan bersama dan bersama-sama membangun kesejahteraan.
  4. Sebagai wadah pengembangan potensi jiwa kewirausahaan dalam mencapai kemandirian.

D.   Tujuan

1.      Menempatkan dan memantapkan posisi Kopma Sultan Alauddin sebagai gerakan ekonomi mahasiswa yang mampu memenuhi kesejahteraan anggota dan civitas akademika.

  1. Mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia di semua lini organisasi yang terdiri dari anggota, pengurus, pengawas dan karyawan.
  2. Menempatkan dan memantapkan semua fungsi manajemen secara profesional dan proporsional sebagi upaya peningkatan produktivitas kinerja Kopma agar tetap unggul dan
  3. Memperkokoh posisi Kopma sebagai salah satu pilar gerakan Koperasi Mahasiswa dengan peneguhan eksistensi dan partisipasi aktif dalam setiap aktivitas dan kegiatan perkoperasian baik lokal, regional, nasional dan internasional.

E.   Landasan dan Asas

Kopma Sultan Alauddin berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta Undang-undang Nomor 25/17 tahun 1992/2012 tentang Perkoperasian.

Kopma Sultan Alauddin berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

F.    Modal dan Potensi Dasar

Adapun modal dan potensi yang dimiliki Kopma Sultan Alauddin adalah:

  1. Legitimasi Politik

Bahwa UUD’45 memberi arah bagi Koperasi dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Undang-undang nomor 25 tahun 1992 serta GBHN tahun 1993 serta kebijaksanaan Rektor tentang pengembangan bakat dan minat mahasiswa akan dikembangkan semaksimal mungkin.

  1. Mahasiswa sebagai Agent of Change

Mahasiswa memiliki predikat tertinggi sebagai agent of change dengan idealisme, kecerdasan, kreativitas dan inisiatif keberanian serta kemampuan menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis.

  1. Keyakinan berkoperasi

Keyakinan bahwa koperasi merupakan sistem perekonomian yang paling ampuh dalam mencapai masyarakat adil dan makmur merupakan kekuatan terbesar dan tak ternilai. Keyakinan ini pula yang akan memberikan dorongan moril sehingga dalam perjuangannya tidak mengenal kata menyerah.

  1. Potensi Anggota

Loyalitas dan kebersamaan yang selama ini terjalin antar sesama anggota adalah salah satu kekuatan pendukung berkembangnya Kopma Sultan Alauddin. Pada pundak anggotalah estafet perjuangan dipegang. Oleh karena itu setiap potensi yang dimiliki anggota selayaknya ditumbuhkembangkan, dibina dan diarahkan.

G.   Peran serta Kopma Sultan Alauddin

  1. Agen Pembaharuan

Bahwa sebagai suatu kesatuan yang integral, Kopma Sultan Alauddin beserta seluruh anggota merupakan agent pembangunan pemandu dan pelopor pembangunan dalam kegiatan dan aktivitas usahanya.

  1. Kader Koperasi

Bahwa sebagai satu kesatuan yang solid Kopma Sultan Alauddin beserta seluruh anggotanya merupakan kader koperasi dan kader bangsa yang tangguh, profesional, kritis, dan berkualitas, sehingga mampu menghadapi setiap tantangan zaman.

  1. Kader Bangsa

Bahwa sebagai satu kesatuan yang solid Kopma Sultan Alauddin beserta seluruh anggotanya merupakan dan kader bangsa yang senantiasa mempersiapkan diri dengan usaha-usahanya mengembangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk pengabdian kepada masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja.

H. Bentuk kerja Sama Kopma Sultan Alauddin

  • Tergabung sebagai anggota dalam Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO)
  • Tergabung dalam Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI).
  • Membangun kerjasama dengan perusahaan besar seperti Cola-Cola, Garuda Food, Fajar Lestari, Mayora dan Sosro.
  • Kerjasama dengan pihak kampus dengan mengambil proyek penerimaan mahasiswa baru (pendaftaran dan pelayanan berkas online)

I.  Perjalanan Kopma Sultan Alauddin

Tahun 1984-1987:

  • Kopma Sultan Alauddin terbentuk dan berjalan kepengurusan periode pertama dengan status karateker.
  • Pengurus mulai mengaktifkan simpanan wajib dan simpanan pokok sebagai modal awal
  • Kopma mulai membuka usaha dan membangun mitra usaha di dalam kampus.

Tahun 1988:

  • Kopma mulai menempati kantor sebagai pusat kegiatan organisasi tepatnya di Gd.G. dan pada saat itu Kopma Sultan Alauddin sudah tedaftar secara resmi di Dinas Koperasi dengan keluarnya akta pendirian Koperasi UIN Alauddin M

Tahun 1989-1999:

  • Kopma melakukan perluasan gedung sesuai dengan pengembangan usaha serta mendirikan usaha wartel, foto kopi, serta usaha warung makan, kafe dan usaha lain yang bersifat kemitraan.

Tahun 2000:

  • Kopma semakin memberikan peluang bagi anggota dalam memaksimalkan potensi yang dimilikinya dengan tetap melaksanakan sistem pengkaderan.

Tahun 2001-2004:

  • Kopma sedikit mengalami kemacetan baik dibidang usaha serta kevakuman ditubuh keder sendiri.

Tahun 2005:

  • Kopma berupaya meningkatkan animo pengurus serta memberikan suntikan dana kepada usaha yang berjalan dengan modal bantuan dari kampus.

Tahun 2006:

  • Kopma melakukan penambahan usaha yaitu foto kopi, cafe dan butik yang bersifat mitra serta melaksanakan pelatihan koperasi tingkat dasar.

Tahun 2007:

  • Kopma berinisiatif untuk membuka usaha sendiri sehingga usaha-usaha yang bersifat kemitraan mulai diputuskan kontraknya.

Tahun 2008:

  • Kopma melaksanakan temu koperasi se-Indonesia Timur serta memperoleh proyek pengadaan map SPMB untuk mahasiswa baru.

Tahun 2009:

  • Kopma mendapatkan bantuan dana DIFA dari rektorat untuk pengadaan unit usaha percetakan.

Tahun 2010-2011:

  • Kopma tetap membangun usaha yang ada dengan segala kemampuan yang ada.
  • Kopma memperbaiki sistem yang ada di dalam koperasi.

Tahun 2012:

  • Kopma mulai merintis usaha baru yaitu Cafe.

Tahun 2013:

  • Kopma mengadakan halal bil halal dan launching usaha baru yaitu Cafe.
  • Kopma mengikuti Jambore Koperasi Nasional di Universitas Negeri Malang dan meraih Juara 1 Lomba Marketing Challenge.
  • Kopma mengikuti PMT (Profesional Management Training) Koperasi Nasional di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan meraih juara 1 sebagai Kopma terfavorit dan peserta tervaforit.
  • Kopma menggelar EXPO Kewirausahaan.

Tahun 2014:

  • Kopma mengikuti PMT (Profesional Management Training) Koperasi Nasional di Semarang.
  • Kopma mengikuti Jambore Koperasi Nasional di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mendapatkan Juara 1 Lomba Presentasi KOPMA dan Dimas-Diajeng (Duta Koperasi Mahasiswa Nasional)
  • Kopma mengadakan Lomba Futsal Sarung dan Aksi Kampus Bersih sebagai rangkaian perayaan hari lahir.

Tahun 2015:

  • Kopma mengikuti Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pemuda Indonesia 2014 di Bandung.
  • Kopma mengadakan kegiatan Buka Puasa bersama Anak Yatim.
  • Kopma mengikuti Diklat Manajemen Koperasi Nasional di Universitas Udayana dan meraih penghargaan sebagai best speaker.
  • Kopma menggelar Expo Wirausaha Muda Kampus dalam rangka perayaan hari lahir.
  • Kopma mengadakan Pendidikan Menengah Koperasi Regional di Kafetaria Rektorat.

Tahun 2016 :

  • Kopma melakukan renovasi Café yaitu pembuatan gudang, pengecetan dan pembuatan pagar sekitar Café.
  • Kopma mengadakan Kunjungan Media di alHARAM Media Group.
  • Kopma menerima kunjungan Studi Banding dari Kopma STAIN Watampone.
  • Kopma bekerjasama dengan Economics Study Club menggelar kegiatan National Economics Creative Competition.
  • Kopma mengikuti Temu Karya Integrasi Usaha Primer Sekunder dan Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pemuda Indonesia XXXV di Jakarta.
  • Kopma mengikuti kegiatan Fasilitasi dan Revitalisasi Usaha Koperasi Mahasiswa dan Koperasi Universitas di Solo.
  • Kopma mengikuti Jambore HIPMI Perguruan Tinggi Sulawesi Selatan 2016 di Yonif Raider 700.
  • Kopma mengikuti Musyawarah Nasional FKKMI di Yogyakarta
  • Kopma mengikuti Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional Di Surakarta dan meraih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah “Transformasi Koperasiku”.
  • Kopma mengadakan kegiatan Kopma Berbagi.
  • Kopma mengadakan EXPO Wirausaha Muda Kampus dan lomba cerdas cermat perkoperasian SMA se-Sulawesi Selatan.
  • Kopma meraih juara I dalam National Photo Contest “Koperasi Masa Kini” dalam kegiatan Gebyar Koperasi 2016 oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung.
  • KOPMA Sultan Alauddin melakukan Studi Banding Koperasi di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan
  • Kopma mengikuti kegiatan Entrepreneur Camp oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin di Kabupaten Bantaeng dan meraih gelar peserta favorit.

Tahun 2017:

  • Kopma meraih juara I dalam kategori jago promosi Kompetisi Wirausaha Digital oleh PT. Tapp Digital Nusantara.
  • Kopma mengadakan renovasi cafe berupa pengecetan dan penataan ulang.
  • Kopma menggelar temu ketua Kopma se-Makassar bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Koperasi Sulawesi Selatan.
  • Kopma mengikuti Pendidikan Lanjut Koperasi Nasional 2017 oleh KOPMA STAIN Kudus dan meraih penghargaan peserta teraktif.
  • Kopma mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUKM oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI di Makassar.
  • Kopma menggelar kegiatan Kopma Berbagi.
  • Kopma mengikuti kegiatan Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional 2017 di Kota Bandung dan berhasil meraih Juara I Lomba Putra Koperasi Mahasiswa Nasional 2017.
  • Kopma megadakan kunjungan ke UKM Centre Sulawesi Selatan.
  • Kopma menggelar kegiatan malam puncak perayaan hari lahir ke-33 tahun.
  • Kopma menggelar kegiatan Pendidikan Menengah Koperasi Regional 2017.
  • Kopma mengikuti kegiatan Diklat Menengah Koperasi Nasional 2017 di Bandung.

2018:

  • Kopma menggelar Bazar Kopma yang dirangkaikan dengan Inspirational Session.
  • Launching unit usaha baru Mo-Camp (Motor Campus)
  • Kopma mengikuti kegiatan Student Cooperative Competition oleh Kopma IAIN Bone.
  • Kopma mengikuti Forum Group Discussion “Peran Koperasi Mahasiswa” oleh Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM RI di Makassar.
  • Kopma menggelar kegiatan Kopma Berbagi.
  • Kopma menggelar Pelatihan Technopreneur bersama Google Gapura Digital Makassar.
  • Kopma meggelar Aksi Seribu Kantong Sampah untuk Kampus Peradaban dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

J.    Motto

“Tantangannya ada pada diri kita, apakah kita memiliki visi, kepercayaan dan disiplin untuk memasuki dunia secara berani atau menunggu hingga dunia menghancurkan kita(Ian MacPherson, ICA Review of International Cooperation)

K. Prestasi

  • Juara 1 Lomba Marketing Challenge dalam Jambore Koperasi Nasional di Universitas Negeri Malang.
  • Juara 1 sebagai Kopma terfavorit dan peserta tervaforit dalam PMT (Profesional Management Training) Koperasi Nasional di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  • Juara 1 Lomba Presentasi KOPMA dan Dimas-Diajeng (Duta Koperasi Mahasiswa Nasional) dalam Jambore Koperasi Nasional di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  • Meraih penghargaan sebagai best speaker dalam Diklat Manajemen Koperasi Nasional di Universitas Udayana.
  • Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah “Transformasi Koperasiku” dalam Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional Di Surakarta.
  • Juara I dalam National Photo Contest “Koperasi Masa Kini” dalam kegiatan Gebyar Koperasi 2016 oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung.
  • Meraih gelar peserta favorit dalam Entrepreneur Camp Koperasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin.
  • Juara I dalam kategori jago promosi Kompetisi Wirausaha Digital oleh PT. Tapp Digital Nusantara.
  • Meraih penghargaan peserta teraktif dalam Pendidikan Lanjut Koperasi Nasional 2017 oleh KOPMA STAIN Kudus.
  • Juara I Lomba Putra Koperasi Mahasiswa Nasional 2017 dalam Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional 2017 di Kota Bandung.