
Unit Kegiatan Mahasiswa Riset Keilmuan dan Kemitraan Masyarakat UIN Alauddin Makassar atau yang dikenal dengan UKM RITMA UINAM kembali melakukan kegiatan Company Visit. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari departemen penelitian dan kemitraan masyarakat. Company Visit dilaksanakan pada hari Jum’at, 16 Mei 2025 yang bekerja sama dengan PT. Penerbit Erlangga yang berlokasi di Jl. Letnan Hertasning, Kec. Rappocini, Kota Makassar, dengan mengangkat tema “Merawat Nalar, Merajut Kolaborasi: Menuju UKM RITMA UINAM yang Unggul dan Berdampak”. Tema ini merepresentasikan semangat UKM RITMA UINAM dalam membangun literasi sebagai jalan membentuk nalar kritis yang reflektif dan peka terhadap realitas sosial. Di saat yang sama kolaborasi menjadi langkah strategi untuk memperluas jangkauan gerak, termasuk melalui kerja sama dengan pihak instansi, dalam hal ini Penerbit Erlangga. Semua ini diarahkan untuk mewujudkan UKM RITMA yang unggul, baik secara spiritual, intelektual, maupun professional, sesuai dengan jargon dari UKM RITMA UINAM itu sendiri. Selain itu, tema ini juga mengandung sebuah harapan agar UKM RITMA UINAM tidak hanya besar dalam eksistensi tetapi juga besar dalam dampak.
Rezqyana Tasya Sahda selaku wakil ketua umum UKM RITMA UINAM dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak dari PT. Penerbit Erlangga. “Kami sangat berterima kasih karena PT. Penerbit Erlangga telah memberikan wadah bagi UKM RITMA UINAM untuk terus memperdalam keilmuan, sehingga kami akan terus belajar dan menguatkan identitas kami yang sebagai UKM Riset Keilmuan dan Kemitraan Masyarakat” tuturnya.
Pak Reski yang merupakan marketing dari PT. Penerbit Erlangga dan juga menjadi narasumber pada kegiatan Company Visit kali ini sangat antusias memberikan pelajaran dan informasi terkait dari PT. Penerbit Erlangga itu sendiri. “PT. Penerbit Erlangga didirikan oleh seorang kepala sekolah yakni Bapak Marulan, pada tanggal 30 April 1952 di Jawa Tengah tepatnya di Semarang, dan tahun ini telah menginjak 73 tahun. PT. Penerbit Erlangga mempunyai beberapa bagian diantaranya, Erlangga For Kids yaitu yang berfokus pada buku anak-anak, Esensi yaitu yang berfokus pada refrensi bacaan dan novel, serta Emir yang berfokus pada kerohanian akan tetapi masih spesifik agama Islam. PT. Penerbit Erlangga telah banyak memperoleh penghargaan seperti, penghargaan Top Brand for Teens pada tahun 2013-2024 dan masih banyak penghargaan lainnya. Adapun slogan dari PT. Penerbit Erlangga yaitu “Kami Melayani Ilmu Pengetahuan” bermakna penerbitan ini bukan hanya dalam jual beli ataupuan transaksi saja akan tetapi dari sejarah awalnya yang fokusnya bagaimana refrensinya dapat digunakan dan dijangkau untuk semua orang” tuturnya.
Selain itu Pak Reski juga memberikan tips-tips ataupun cara menjadi penulis “Rajinlah membaca sehingga mempertajam wawasan dan penguasaan materi, mulailah menulis dengan memilih tema tulisan yang anda ingin paparkan, terus motivasi diri dengan yakinkan diri kita bahwa kita mampu menyelesaikan tulisan ini, dan selesaikan tulisan kita karena tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai sebagaimana biasa kita dengar bagi mahasiswa akhir bahwa skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai” tuturnya.
Dari kunjungan ini melalui kegiatan Company Visit dapat memberikan pemahaman dan wawasan yang luas kepada pengurus UKM RITMA UINAM khususnya dalam bidang penulisan, penerbitan dan kemitraan masyarakat sehinga mampu membangun literasi dalam membentuk nalar kritis serta menuju UKM RITMA UINAM yang unggul dan berdampak.



Penulis: Nabila Fauziah
Editor: Uswatun Hasanah